TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KIMIA FARMA 453 SUTOYO KOTA MALANG

Agustina, Maria and Susilowati, Endang (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KIMIA FARMA 453 SUTOYO KOTA MALANG. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.

[img] Text
AKF21126 MARIA AGUSTINA JURNAL - MARIA AGUSTINA.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB I AKF21126 MARIA AGUSTINA - MARIA AGUSTINA.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II rev AKF21126 MARIA AGUSTINA - MARIA AGUSTINA.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB III AKF 21126 MARIA AGUSTINA - MARIA AGUSTINA.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB V AKF21126 MARIA AGUSTINA - MARIA AGUSTINA.pdf

Download (434kB)

Abstract

Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena kepuasan pasien merupakan suatu tolak ukur keberhasilan sampai dimana pelayanan yang diberikan apakah bertambah baik atau buruk. Kepuasan merupakan pengalaman yang ada di dalam ingatan pasien sehingga mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian ulang. Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma 453 Sutoyo Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif yaitu penelitian yang menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli obat dengan resep di Apotek Kimia Farma 453 Sutoyo Malang pada bulan Mei 2022. Sampel penelitian diambil menggunakan kuisioner dalam proses pengumpulan data dengan metode kuantitatif sebanyak 100 orang responden. Hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pasien di Apotek Kimia Farma 453 Sutoyo Kota Malang menunjukkan bahwa kategori tingkat kepuasan terbesar yaitu pada dimensi jaminan sebanyak 70.7% , dimensi kehandalan 69.6%, dimensi penampilan 69.5%, dimensi perhatian 69.3%, dan terakhir yaitu dimensi ketanggapan sebanyak 68.9%. Disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma 453 Sutoyo Kota Malang berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan adalah puas dengan persentase sebesar 69.54%

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian
Subjects: B FARMASI > BH Rumah Sakit dan Farmasi Klinik
Divisions: D3 FARMASI
Depositing User: Sugeng Setiawan
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:18
Last Modified: 12 Apr 2023 02:37
URI: http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item