TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DIUKUR DARI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK CITRA 6 KOTA PROBOLINGGO

Muchayyaroh, Heni (2019) TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DIUKUR DARI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK CITRA 6 KOTA PROBOLINGGO. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)

Abstract

Indikator utama untuk mengetahui kualitas pelayanan klinik adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien tergantung pada kualtas pelayanan yang diberikan mulai dari pasien pertama kali datang sampai dengan meninggalkan klinik. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien diukur dari kualitas pelayanan kesehatan di Klinik Citra 6 Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan tehnik random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan 10 item pertanyaan dan disebar kepada 100 responden. Hasil analisa tingkat kepuasan pasien diperoleh data untuk dimensi Tangible sebesar 88%, Reliability 92%, Responsiveness 88,5%, Assurance 88%, Empathy 87%. Kesimpulan yang diperoleh bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Klinik Citra 6 Kota Probolinggo sesuai dengan aspek dimensi Tangible (bukti langsung), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan) dan Empathy (empati) berada dalam kategori sangat puas. Untuk saran yang diberikan antara lain Diharapkan kepada seluruh petugas Klinik Citra 6 agar senantiasa menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan guna tercapaianya kepuasan pasien, baik pada pasien umum maupun pasien BPJS. Dengan begitu pasien akan berkunjung kembali untuk mendapatkan pelayanan kesehatan atau merekomendasikan kepada para kerabatnya serta untuk peneliti dapat melakukan penelitian selanjutnya dengan objek/ variabel yang berbeda misalnya dibagian kefarmasian, keperawatan atau administrasi guna meningkatkan mutu pelayanan di Klinik Citra 6 Kota Probolinggo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Klinik, Probolinggo
Subjects: B FARMASI > BG Ilmu Farmasi
Divisions: D3 FARMASI
Depositing User: Sugeng Setiawan
Date Deposited: 07 Aug 2020 08:28
Last Modified: 07 Aug 2020 08:28
URI: http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item