TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI APOTEK “X” KOTA MALANG

Nisa, Ida Choirun (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI APOTEK “X” KOTA MALANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESEHATAN PUTRA INDONESIA MALANG.

[img] Text
ABSTRAK PROPOSAL - Ida Choirun nisa.pdf

Download (210kB)
[img] Text
ARTIKEL ILMIAH IDA(1) - Ida Choirun nisa.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB I PROPOSAL - Ida Choirun nisa.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II PROPOSAL - Ida Choirun nisa.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB III PROPOSAL - Ida Choirun nisa.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV PROPOSAL - Ida Choirun nisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
BAB V PROPOSAL - Ida Choirun nisa.pdf

Download (259kB)

Abstract

Kata Kunci : Apotek, Pelayanan Farmasi, Kepuasan Pasien. Apotek adalah tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran sediaan farmasi kepada masyarakat. Pelayanan kefarmasian bertujuan untuk mencegah dan menyelesaikan masalah obat dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Salah satu indikator yang digunakan untuk menganalisis kualitas pelayanan di apotek adalah dengan mengukur tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Apotek “X”Kota Malang. Rancangan penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif observasional dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang membeli obat dengan resep, sampel menggunakan metode purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi. Besar sampel sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dengan menganalisa dari masing-masing sub variabel yang terdiri dari lima dimensi yaitu Dimensi Berwujud dengan nilai rata-rata skor 76,83% dengan kategori sangat puas, Dimensi Keandalan dengan nilai rata- rata skor 84,25% dengan kategori sangat puas, Dimensi daya tanggap dengan nilai rata-rata 85,75% dengan kategori sangat puas, dimensi Kepastian dengan nilai rata-rata 78% dengan kategori sangat puas, dan yang terakhir dimensi emphaty memperoleh skor rata-rata 75% dengan kategori puas, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien dari semua skor masing-masing tanggapan responden menunjukkan kriteria Sangat Puas dengan persentase skor 80%. Penelitian selanjutnya perlu dilakukan penelitian terkait waktu tunggu obat di Apotek “X” Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B FARMASI > BH Rumah Sakit dan Farmasi Klinik
Divisions: D3 FARMASI
Depositing User: Sugeng Setiawan
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:07
Last Modified: 04 Oct 2023 01:07
URI: http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item View Item