Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Gondanglegi Kabupaten Malang

Nur, Ilfi Rahmadhania (2022) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Gondanglegi Kabupaten Malang. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.

[img] Text
Abstrak - ILFI NURRAHMADHANIA ILFI NURRAHMADHANIA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
Artikel ILFI - ILFI NURRAHMADHANIA ILFI NURRAHMADHANIA.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB I ILFI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Bab II - ILFI NURRAHMADHANIA ILFI NURRAHMADHANIA.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Bab III - ILFI NURRAHMADHANIA ILFI NURRAHMADHANIA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
Bab V - ILFI NURRAHMADHANIA ILFI NURRAHMADHANIA.pdf

Download (182kB)

Abstract

Pelayanan Kefarmasian merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab terkait sediaan farmasi yang bertujuan untuk mencapai hasil yang pasti dan untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya kepuasan maka pihak terkait dapat saling mengkoreksi sampai dimana pelayanan yang diberikan apakah bertambah baik atau buruk. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Gondanglegi. Metode dalam peneltian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan cara membagikan kuesioner yang didalamnya terdapat 15 pernyataan yang mewakili 5 dimensi kepuasan diantaranya kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, bukti fisik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 respond. Sebelum kuesioner digunakan sebagai instrumen penenlitian maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu hasil yang diperoleh dalam uji validitas soal pernyataan 15 dinyatakan valid dengan jumlah r tabel 0,444 dan untuk hasil reliabilitas diperoleh cronbach’s Alpha .953 dengan hasil raliabel. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Gondanglegi di dapatkan dari hasil 5 dimensi kepuasan antara lain ketanggapan memperoleh hasil presentase 85,5% selanjutnya ketanggapan memperoleh presentase 86,5%, jaminan memperoleh hasil presentase 87%, empati memperoleh hasil presentase 85,6% dan bukti fisik memperoleh hasil presentase 88% dari hasil jumlah rata-rata keseluruan yaitu dalam kategori sangat puas (86,52%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas Gondanglegi, Kepuasan Pasien
Subjects: C ILMU > CA Ilmu (Umum)
Divisions: D3 FARMASI
Depositing User: Sugeng Setiawan
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:51
Last Modified: 12 Apr 2023 02:09
URI: http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item