Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang Kabupaten Malang

Anggraeni, Martalia (2020) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang Kabupaten Malang. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.

[img] Text
ARTIKEL - asy syifa.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB I - asy syifa.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II - asy syifa.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB III - asy syifa.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V - asy syifa.pdf

Download (418kB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan Rumah Sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien. Salah satu bentuk pelayanan kefarmasian adalah pengkajian dan pelayanan resep. Layanan kefarmasian selain menjadi tuntutan profesionalisme juga dapat dilihat sebagai faktor untuk mengevaluasi kepuasan pasien. Pelayanan kefarmasian meliputi sarana dan prasarana instalasi farmasi, komunikasi informasi dan edukasi (KIE), kecepatan pelayanan obat, serta keramahan petugas farmasi. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif observasional. Populasi pada penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan non psikiatri dan keluarga pendamping pasien psikiatri yang mendapatkan pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSJ dr Radjiman Wedioiningrat Lawang ,dengan sampel menggunakan metode Accidental Sampling yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 100 responden. Dan metode untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi RSJ.Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang kabupaten Malang menggunakan metode pengolahan data Indeks Kepuasan masyarakat ( IKM ) sesuai keputusan menteri pendayagunaan aparatur negara no. 25 tahun 2004. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien puas terhadap sarana prasarana, komunikasi informasi dan edukasi (KIE) dan sangat puas terhadap keramahan petugas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, Pelayanan kefarmasian, Instalasi Farmasi Rumah Sakit
Subjects: B FARMASI > BG Ilmu Farmasi
Divisions: D3 FARMASI
Depositing User: Sugeng Setiawan
Date Deposited: 21 Jan 2021 02:53
Last Modified: 21 Jan 2021 02:53
URI: http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item