TINGKAT KESESUAIAN ANTARA HARAPAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI OBAT DI APOTEK RAWATJALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. SAIFUL ANWAR MALANG

Ernawati, Ernawati and Santoso, Bilal Subchan Agus (2019) TINGKAT KESESUAIAN ANTARA HARAPAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI OBAT DI APOTEK RAWATJALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. SAIFUL ANWAR MALANG. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.

[img] Text
ARTIKEL PDF.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN PDF.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA PDF.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN PDF.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP PDF.pdf

Download (10kB)

Abstract

Apotek Rawat Jalan RSUD Dr. Saiful Anwar Malang merupakan fasilitas pelayanan kefarmasian bagi pasien BPJS yang senantiasa dituntut untuk melakukan peningkatan kualitasnya untuk memenuhi kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara harapan pasien BPJSterhadap pelayanan komunikasi, informasi, dan edukasi tentang obat (KIE) di Apotek Rawat Jalan RSUD Dr. Saiful Anwar Malang pada Bulan Maret – April 2019. Responden dalam penelitian ini adalah pasien BPJS yang mengambil obat di Apotek Rawat Jalan RSUD Dr. Saiful Anwar Malang yang berjumlah 100 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk kuesioner. Hasil penelitian didapatkan rata-rata pelaksanaan pelayananKIE memiliki nilai 2,54 sedangkan harapan pasien BPJS terhadap pelayananKIE adalah 3,33 dari nilai maksimal 4. Kesimpulannya adalah pelaksanaan pelayanan KIE dikategorikan cukup baik, harapan pasien BPJS terhadap pelayanan KIE dikategorikan mengharapkan pelayanan yang baik dan tingkat kesesuaian antara harapan pasien BPJSterhadap pelayanan KIE di Apotek Rawat Jalan RSUD Dr. Saiful Anwar Malangdikategorikan belum memuaskan. Beberapa prioritas pelaksanaan yang harus segera dilakukan perbaikan adalah petugas Apotek Rawat Jalan RSUD Dr. Saiful Anwar Malang harus selalu mendengarkan keluhan pasien, memberitahu cara penyimpanan obat, dan memberi penjelasan mengapa pasien BPJS sebaiknya mengetahui larangan yang harus dipatuhi selama mengkonsumsi obat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pasien BPJS, KIE, RSUD Dr. Saiful Anwar
Subjects: B FARMASI > BG Ilmu Farmasi
Divisions: D3 FARMASI
Depositing User: Sugeng Setiawan
Date Deposited: 04 Aug 2020 01:06
Last Modified: 04 Aug 2020 01:06
URI: http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item