Trimiyanti, Pawuan and Dhini, Ellyvina Setya (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSIA HUSADA BUNDA MALANG. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.
Text
Pawuan Trimiyanti_ARTIKEL - PAWUAN TRIMIYANTI.pdf Download (100kB) |
Abstract
Pelayanan kefarmasian merupakan pelayanan publik yang penting, sebab mempunyai keterkaitan yang erat dengan masyarakat. Pelayanan kefarmasian akan berpengaruh pada kesejahteraan pasien. Pelayanan kefarmasian yang dimaksud dalam PP No 51/2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian yaitu memberikan pelayanan langsung yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan kualitas kehidupan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan passien terhadap pelayanan kefarmasian di RSIA Husada Bunda. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis data secara kuantitatif. Dimana dari hasil penelitian dapat diperoleh dari instrumen penelitian berupa angket dengan skala likert yang diberikan kepada 100 pasien rawat jalan di RSIA Husada bunda Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori tingkat kepuasan terbesar yaitu pada dimensi kepedulian sebanyak 100%, dimensi jaminan 97%, dimensi kehandalan 86% dimensi ketanggapan 96%, dan terakhir yaitu dimensi bukti fisik sebanyak 92%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di RSIA Husada Bunda Kota Malang menghasilkan nilai total sebesar 94% sehingga pasien merasa puas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Kefarmasian Tingkat Kepuasan Pasien |
Subjects: | B FARMASI > BH Rumah Sakit dan Farmasi Klinik |
Divisions: | D3 FARMASI |
Depositing User: | Sugeng Setiawan |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 06:50 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 06:50 |
URI: | http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/857 |
Actions (login required)
View Item |