Pebruanti, Juniarsih and Susanti, Erna (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK PRONOJIWO LUMAJANG. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.
Text
ARTIKEL - indra wahyu.pdf Download (607kB) |
Abstract
Apotek merupakan tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran sediaan farmasi kepada masyarakat. Pelayanan kefarmasian bertujuan untuk mencegah dan menyelesaikan masalah obat dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Salah satu indikator yang digunakan untuk menganilisis kualitas pelayanan di apotek adalah dengan mengukur tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Apotek Mufarrij Lumajang. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang membeli obat dengan menggunakan metode purposive sampling yang memenuhi criteria inklusi. Besar sampel sebanyak 94 responden. Hasil penelitian menunjukkan pada dimensi penampilan diperoleh persentase skor 91,70%, pada dimensi empati diperoleh persentase skor 93,46%, pada dimensi ketanggapan diperoleh persentase skor 90,64%, pada dimensi kehandalan diperoleh persentase skor 92,27%, pada dimensi jaminan diperoleh persentase skor 92,66%. Peneliti menyimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Mufarrij Lumajang menunjukkan kriteria sangat puas dengan persentase skor 92,14%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai data dasar dalam pengembangan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Apotek, Pelayanan Farmasi, Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | B FARMASI > BH Rumah Sakit dan Farmasi Klinik |
Divisions: | D3 FARMASI |
Depositing User: | Sugeng Setiawan |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 02:53 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 02:53 |
URI: | http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/855 |
Actions (login required)
View Item |