TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP LAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK PONDOK SEHAT DI KOTA LUMAJANG

Sumartini, Endah (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP LAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK PONDOK SEHAT DI KOTA LUMAJANG. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH ENDAH FIX - Desti Nur Kumala.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB I - Desti Nur Kumala.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II - Desti Nur Kumala.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB III - Desti Nur Kumala.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB V - Desti Nur Kumala.pdf

Download (291kB)

Abstract

Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan diketahui tingkat kepuasan maka pihak terkait dapat saling mengkoreksi sampai dimana pelayanan yang diberikan apakah bertambah baik atau buruk. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh sikap/perilaku petugas dalam memberikan pelayanan, dengan kata lain pelayanan yang dapat memuaskan adalah pelayanan yang dilakukan berdasarkan ketentuan yang berlaku dan dapat memahami apa yang diminta masyarakat. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menilai tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Pondok Sehat di Kota Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode observasi secara kuantitatif yaitu penelitian dengan melakukan pengamatan untk mendapatkan gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian dengan menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang mengambil obat di Apotek Pondok Sehat di Kota Lumajang. Sampel penelitian yang diambil secara quota sampling dan diperoleh sebanyak 100 orang. Hasil penelitian smenunjukkan bahwa kategori tingkat kepuasan terbesar yaitu pada dimensi bukti fisik sebanyak 89,56%, dimensi ketanggapan 88,64%, dimensi empati 83,32%, dimensi jaminan 83,24%, dan terakhir yaitu dimensi kehandalan sebanyak 83%. Hasil data dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien di Apotek Pondok Sehat di kota Lumajang berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan adalah sangat puas dengan persentase sebanyak 85,55%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Pondok Sehat
Subjects: B FARMASI > BH Rumah Sakit dan Farmasi Klinik
Divisions: D3 FARMASI
Depositing User: Sugeng Setiawan
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:05
Last Modified: 12 Apr 2023 03:53
URI: http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/848

Actions (login required)

View Item View Item