Berelyano, Yuandri (2022) Tingkat Kepuasan Konsumen Tentang Pelayanan Kefarmasian di Apotek Al-Fatihah Farma Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.
Text
ABSTRAK - YUANDRI BERELYANO YUANDRI BERELYANO.pdf Download (152kB) |
Abstract
Kepuasan konsumen adalah suatu hal penting yang harus diprioritaskan oleh apotek dalam menjalankan fungsinya sebagai salah satu sarana pelayanan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian bertujuan untuk mencegah dan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Salah satu indikator yang digunakan di apotek adalah mengukur tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen tentang pelayanan kefarmasian di Apotek Al-Fatihah Farma Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Rancangan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survey. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli obat di Apotek Al-Fatihah Farma selama bulan mei 2022 yang berjumah 436 pasien sedangkan besarnya sampel sebanyak 100 responden. Dari hasil perhitungan pada masing-masing indikator diperoleh berdasarkan dimensi kehandalan diperoleh persentase skor 83,15%, dimensi ketanggapan diperoleh persentase skor 84,45%, dimensi empati diperoleh persentase skor 84,75%, dimensi jaminan diperoleh persentase skor 82,75% dan dimensi bukti fisik diperoleh persentase skor 85,1%. Peneliti menyimpulkan bahwa tingkat kepuasan konsumen tentang pelayanan kefarmasian di Apotek Al-Fatihah Farma Kecamatan Lowokwaru Kota Malang menunjukk an kriteria sangat puas dengan persentase skor 84,04%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Apotek, Kepuasan Konsumen, Pelayanan Farmasi |
Subjects: | B FARMASI > BG Ilmu Farmasi |
Divisions: | D3 FARMASI |
Depositing User: | Sugeng Setiawan |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 07:14 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 07:14 |
URI: | http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/831 |
Actions (login required)
View Item |