Bara, Vinsensia Yuyunsa (2022) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Ajuno Kota Malang. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.
Text
ABSTRAK - VINSENSIA Y. BARA - VINSENSIA YUYUNSA BARA.pdf Download (12kB) |
|
Text
ARTIKEL ILMIAH - VINSENSIA Y. BARA - VINSENSIA YUYUNSA BARA.pdf Download (71kB) |
|
Text
BAB I - VINSENSIA YUYUNSA BARA.pdf Download (16kB) |
|
Text
BAB II - VINSENSIA YUYUNSA BARA.pdf Download (336kB) |
|
Text
BAB III - VINSENSIA YUYUNSA BARA.pdf Download (274kB) |
|
Text
BAB V - VINSENSIA YUYUNSA BARA.pdf Download (183kB) |
Abstract
Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama yang didukung dengan pelayanan kefarmasian yang bermutu dan berpegang pada Standar Pelayanan Kefarmasian. Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti bahwa jumlah tenaga kefarmasian di Puskesmas Arjuno tidak sebanding dengan jumlah pasien yang berkunjung sehingga mempengaruhi kualitas pelayanan kefarmasian. Pengukuran kepuasan pasien juga belum dilakukan secara berkala. Pasien yang puas dengan suatu pelayanan akan terus memakai jasa di Puskesmas Arjuno Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas Arjuno Kota Malang Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2022. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang mencakup 5 dimensi yaitu, Dimensi Kehandalan (Reliability) diperoleh persentase sebesar 71,33%, Dimensi Ketanggapan (Responsiveness) diperoleh persentase sebesar 69,66%, Dimensi Jaminan (Assurance) diperoleh presentase sebesar 67,5%, Dimensi Empati (Empaty) diperoleh presentase sebesar 68,16%, dan yang terakhir Dimensi Penampilan (Tangible) diperoleh presentase 66,66%. Sehingga didapatkan presentase rata-rata tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Arjuno Kota Malang secara keseluruhan dari 5 dimensi 68,66%. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Arjuno Kota Malang, responden merasa puas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas |
Subjects: | B FARMASI > BG Ilmu Farmasi |
Divisions: | D3 FARMASI |
Depositing User: | Sugeng Setiawan |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 02:02 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 02:24 |
URI: | http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/827 |
Actions (login required)
View Item |