Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek X Di Kabupaten Malang

Fatikasari, Ninis Dwi (2022) Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek X Di Kabupaten Malang. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.

[img] Text
ABSTRAK deal - Ninis Dwi Fatikasari.pdf

Download (81kB)

Abstract

Apotek adalah tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran sediaan farmasi kepada masyarakat. Pelayanan kefarmasian bertujuan untuk mencegah dan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Salah satu indikator yang digunakan untuk menganalisis kualitas pelayanan diapotek adalah mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek X di Kabupaten Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang membeli di apotek dengan menggunakan resep maupun non resep. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi. Besar sampel sebanyak 78 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan pada dimensi keandalan diperoleh presentase skor 82,81%, Pada dimensi ketanggapan diperoleh presentase skor 83,45%, Pada dimensi jaminan diperoleh presentase skor 84,41%, Pada dimensi empati diperoleh presentase skor 86,53%, Pada dimensi berwujud diperoleh presentase skor 75,46%. Peneliti menyimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek X di Kabupaten Malang menunjukan kriteria sangat puas dengan presentase skor 81,00%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Apotek, Pelayanan Farmasi, Kepuasan Pelanggan
Subjects: C ILMU > CA Ilmu (Umum)
Divisions: D3 FARMASI
Depositing User: Sugeng Setiawan
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:26
Last Modified: 12 Jan 2023 02:26
URI: http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/814

Actions (login required)

View Item View Item