TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KANJURUHAN KEPANJEN

Wilujeng, Anggun Dwi (2021) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KANJURUHAN KEPANJEN. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.

[img] Text
AKF18016_ANGGUN DWI WILUJENG_ARTIKEL - Anggun Dwi Wilujeng.pdf

Download (294kB)
[img] Text
AKF18016_ANGGUN DWI WILUJENG_BAB 1 - Anggun Dwi Wilujeng.pdf

Download (100kB)
[img] Text
AKF18016_ANGGUN DWI WILUJENG_BAB 2 - Anggun Dwi Wilujeng.pdf

Download (204kB)
[img] Text
AKF18016_ANGGUN DWI WILUJENG_BAB 3 - Anggun Dwi Wilujeng.pdf

Download (303kB)
[img] Text
AKF18016_ANGGUN DWI WILUJENG_BAB 5 - Anggun Dwi Wilujeng.pdf

Download (85kB)

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Meningkatnya taraf hidup masyarakat berbanding lurus dengan peningkatan tuntutan kualitas kesehatan. Hal tersebut menuntut penyedia pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan serta kepuasan pasien. Instalasi Farmasi Rumah Sakit Daerah Kanjuruhan melayani resep untuk pasien rawat jalan. Banyaknya permintaan obat oleh pasien rawat jalan tentunya pihak rumah sakit dituntut untuk meningkatkan pelayanannya khususnya pelayanan kefarmasian. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan farmasi diInstalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Kanjurhan. Ttingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian dilihat dari lima aspek yakni keandalan (realibility), daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance), empati (emphaty), dan berwujud (tangibles). Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif, dengan jumlah sampel 100 responden. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat kepuasan pada dimensi kehandalan 80.15% (sangat puas), dimensi ketanggapan 80.6% (sangat puas), dimensi jaminan 80.3% (sangat puas), dimensi empati 80.4% (sangat puas), dan dimensi bukti fisik didapatkan 80.25% (sangat puas).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata tingkat kepuasan responden adalah 80,34 atau kategori sangat puas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan Pasien, Rumah Sakit
Subjects: B FARMASI > BH Rumah Sakit dan Farmasi Klinik
Divisions: D3 FARMASI
Depositing User: Sugeng Setiawan
Date Deposited: 17 May 2022 02:48
Last Modified: 17 May 2022 02:48
URI: http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item