Meli, Maria Theresia (2021) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN PUSKESMAS CISADEA KOTA MALANG. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.
Text
AKF17076_Maria Theresia Meli_Abstrak - Melly Cinde.pdf Download (10kB) |
|
Text
AKF17076_Maria Theresia Meli_ARTIKEL - Melly Cinde.pdf Download (51kB) |
|
Text
AKF17076_Maria Theresia Meli_BAB I - Melly Cinde.pdf Download (20kB) |
|
Text
AKF17076_Maria Theresia Meli_BAB II - Melly Cinde.pdf Download (191kB) |
|
Text
AKF17076_Maria Theresia Meli_BAB III - Melly Cinde.pdf Download (352kB) |
|
Text
AKF17076_Maria Theresia Meli_BAB V - Melly Cinde.pdf Download (7kB) |
Abstract
Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama yang didukung dengan pelayanan kefarmasian yang bermutu dan berpegang pada Standar Pelayanan Kefarmasian. Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti bahwa jumlah tenaga kefarmasian di Puskesmas Cisadea tidak sebanding dengan jumlah pasien yang berkunjung sehingga mempengaruhi kualitas pelayanan kefarmasian. Pengukuran kepuasan pasien juga belum dilakukan secara berkala. Pasien yang puas dengan suatu pelayanan akan terus memakai jasa di Puskesmas Cisadea Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas Cisadea Kota Malang Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan pada 5 April-5 Mei 2021. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang mencakup 5 dimensi yaitu, Dimensi Kehandalan (Reliability) diperoleh persentase sebesar 84,45%, Dimensi Ketanggapan (Responsiveness) diperoleh persentase sebesar 81,45%, Dimensi Jaminan (Assurance) diperoleh presentase sebesar 83,55%, Dimensi Empati (Empaty) diperoleh presentase sebesar 84,35%, dan yang terakhir Dimensi Penampilan (Tangible) diperoleh presentase 83,8%. Sehingga didapatkan presentase rata-rata tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Cisadea Kota Malang secara keseluruhan dari 5 dimensi 83,52%. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Cisadea Kota Malang, responden sudah merasa puas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas |
Subjects: | B FARMASI > BG Ilmu Farmasi |
Divisions: | D3 FARMASI |
Depositing User: | Sugeng Setiawan |
Date Deposited: | 11 May 2022 03:44 |
Last Modified: | 11 May 2022 03:44 |
URI: | http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/670 |
Actions (login required)
View Item |