TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS POLOWIJEN KOTA MALANG

Novitasari, Sinta Dewi (2019) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS POLOWIJEN KOTA MALANG. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (5kB)

Abstract

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama yang didukung dengan pelayanan kefarmasian yang bermutu dan berpegang pada Standar Pelayanan Kefarmasian. Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti bahwa jumlah tenaga kefarmasian di Puskesmas Polowijen tidak sebanding dengan jumlah pasien yang berkunjung sehingga mempengaruhi kualitas pelayanan kefarmasian. Pengukuran kepuasan pasien juga belum dilakukan secara berkala. Pasien yang puas dengan suatu pelayanan akan terus memakai jasa di Puskesmas Polowijen Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas Polowijen Kota Malang Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan pada 1 Maret-30 April 2019. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang mencakup 3 variabel yaitu, Variabel Pelayanan Informasi Obat didapatkan persentase sebesar 77,7%, Variabel Waktu Tunggu Pelayanan Resep didapatkan persentase sebesar 84,5%, Variabel Sarana Dan Prasarana diperoleh persentase sebesar 79,3%. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Polowijen Kota Malang, responden sudah merasa sangat puas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Puskesmas, pelayanan kefarmasian, kepuasan pasien
Subjects: B FARMASI > BG Ilmu Farmasi
Divisions: D3 FARMASI
Depositing User: Sugeng Setiawan
Date Deposited: 03 Dec 2020 01:10
Last Modified: 03 Dec 2020 01:10
URI: http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item