Zuhriyah, Luluk Aminatuz (2019) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSU Karsa Husada Batu. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang.
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (528kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (308kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (385kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (792kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (183kB) |
Abstract
Setiap pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit berpengaruh pada tingkat kepuasan pasien. Salah satunya pelayanan kefarmasian. Pada Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSU Karsa Husada terjadi peningkatan jumlah pasien dari tahun 2016 – 2018 sebanyak 65% dengan jumlah petugas tetap, hal ini diasumsikan dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien, menggunakan rancangan deskriptif. Mengukur kepuasan dengan membandingkan harapan dan kenyataan menggunakan metode Importance Performance Analysis dengan dimensi mutu pelayanan yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Tangible. Didapatkan rata-rata persentase kesesuaian antara harapan dan kenyataan sebesar 79,7% termasuk kategori sesuai, yang terdiri dari dimensi Reliability 76,5% (sesuai), Responsiveness 80,5% (sangat sesuai), Assurance 84,1% (sangat sesuai), Emphaty 76,6% (sesuai), dan Tangible 80,85% (sangat sesuai). Untuk melihat secara lebih terperinci mengenai atribut-atribut yang perlu untuk dilakukan perbaikan atau dipertahankan, hasil kesesuaian antara harapan dan kenyataan digambarkan dengan diagram kartesius, diagram ini terbagi dalam 4 kuadran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Kefarmasian, Tingkat Kepuasan Pasien |
Subjects: | B FARMASI > BG Ilmu Farmasi |
Divisions: | D3 FARMASI |
Depositing User: | Sugeng Setiawan |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 02:15 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 02:15 |
URI: | http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/526 |
Actions (login required)
View Item |