THE STATISFACTION LEVEL OF OUTPATIENTS OF BPJS PROGRAM TOWARD PHARMACEUTICAL SERVICES AT THE SURGICAL HOSPITAL OF HASTA HUSADA KEPANJEN, MALANG REGENCY FINAL ASSIGNMENT

Nurita, Ayuricha Pramaeswari and Lestari, Widji Siti (2018) THE STATISFACTION LEVEL OF OUTPATIENTS OF BPJS PROGRAM TOWARD PHARMACEUTICAL SERVICES AT THE SURGICAL HOSPITAL OF HASTA HUSADA KEPANJEN, MALANG REGENCY FINAL ASSIGNMENT. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang.

[img] Text
ARTIKEL PDF.pdf

Download (332kB)

Abstract

Kualitas pelayanan kefarmasian tidak hanya berpengaruh terhadap kepuasan pasien, namun juga kesehatan atau kesembuhan pasien. Pasien yang merupakan peserta BPJS sering kali merasa kurang puas dengan pelayanan kefarmasian yang disediakan oleh rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Khusus Bedah Hasta Husada Kepanjen, Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi yaitu seluruh pasien atau keluarga pasien peserta BPJS pada bulan Maret 2018. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Quota sampling, dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 85 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan kemudian dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap dimensi kualitas pelayanan (ketanggapan, kehandalan, jaminan, kepedulian, dan bukti langsung) adalah sebesar 67,86%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien berada pada kategori “puas”. Kata Kunci: Tingkat kepuasan, BPJS, Pelayanan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A ILMU KEDOKTERAN > AQ Sistem Kedokteran lainnya
Divisions: D3 FARMASI
Depositing User: Sugeng Setiawan
Date Deposited: 03 Sep 2019 03:10
Last Modified: 03 Sep 2019 03:10
URI: http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item View Item