Cahandriani, Merlita Setiyawati (2018) FAKTOR PENYEBAB LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP OBAT NON RACIKAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RSUD KANJURUHAN KABUPATEN MALANG. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang.
Text
Merlita artikel.pdf Download (291kB) |
Abstract
Waktu tunggu pelayanan resep obat non racikan pada pasien BPJS rawat jalan di Instalasi Farmasi RSUD kanjuruhan belum sesuai Standar Pelayanan Minimal yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi akar permasalahan waktu tunggu pelayanan Instalasi Farmasi. Metode untuk mengidentifikasi akar masalah dilakukan dengan Focus Group Discussion(FGD) yang melibatkan petugas Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Hasil penelitian menunjukkan kurangnya SDM, penumpukan resep pada waktu tertentu, kelengkapan resep yang kurang, kelengkapan administrasi resep kurang, kekosongan obat, dan pengerjaan resep yang masih manual. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan analisa “5 Why” untuk menemukan akar permasalahan. Akar masalah yang ditemukan adalah SDM bagian farmasi masih belum diprioritaskan, banyaknya jumlah pasien dan jumlah dokter yang terbatas, terlambatnya pembayaran dari rumah sakit dikarenakan klaim BPJS, dan tidak sesuainya beban kerja dengan jumlah SDM. Kata kunci : Instalasi Farmasi, Waktu tunggu, pasien BPJS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A ILMU KEDOKTERAN > AA Ilmu Kedokteran A ILMU KEDOKTERAN > AP Aspek Kedokteran Umum A ILMU KEDOKTERAN > AD Farmasi dan Materia Medika |
Divisions: | D3 FARMASI |
Depositing User: | Sugeng Setiawan |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 07:25 |
Last Modified: | 10 Aug 2019 04:02 |
URI: | http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/276 |
Actions (login required)
View Item |