Ilmi, Fadhilatul and Susanto, Noor Annisa (2017) TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK BURING FARMA KOTA MALANG. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang.
Text
14057_FADHILATUL ILMI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Apotek adalah tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran sediaan farmasi kepada masyarakat. Pelayanan kefarmasian bertujuan untuk mencegah dan menyelesaikan masalah obat dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Salah satu indikator yang digunakan untuk menganalisis kualitas pelayanan di apotek adalah dengan mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Apotek Buring Farma Kota Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang membeli dengan sampel menggunakan metode purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi. Besar sampel sebanyak 54 responden. Hasil penelitian menunjukkan pada dimensi berwujud diperoleh persentase skor 81,3%, pada dimensi keandalan diperoleh persentase skor 74,2%, pada dimensi daya tanggap diperoleh persentase skor 49,5%, pada dimensi kepastian diperoleh persentase skor 82,4%, pada dimensi empati diperoleh persentase skor 77,2%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Apotek Buring Farma Kota Malang menunjukkan kriteria puas dengan persentase skor 73,2%. Kata Kunci : Apotek, Pelayanan Farmasi, Kepuasan Pelanggan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A ILMU KEDOKTERAN > AI Keperawatan |
Divisions: | D3 FARMASI |
Depositing User: | Sugeng Setiawan |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 04:02 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 03:36 |
URI: | http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/13 |
Actions (login required)
View Item |