TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

Firdhaus, Ilham (2021) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KEDUNGKANDANG KOTA MALANG. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.

[img] Text
AKF17057_ILHAM FIRDHAUS - Ilham Firdhaus (1).pdf

Download (223kB)

Abstract

Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas ini diperlukan komitmen dan kerja sama semua pemangku kepentingan terkait. hal tersebut akan menjadikan Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas semakin optimal dan dapat dirasakan manfaatnya oleh pasien dan masyarakat yang akhirnya dapat meningkatkan citra Puskesmas dan kepuasan pasien atau masyarakat. Kepuasan menjadi bagian penting dalam pelayanan kesehatan sebab kepuasan pasien tidak dapat dipisahkan dari kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menilai tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang di analisis dengan menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang menerima pelayanan obat di Puskesmas Kedungkandang Kota Malang. Sampel penelitian diambil secara non probability sampling dengan teknik accidental sampling yaitu pengambilan sampel penelitian dengan mengambil kasus atau responden yang kebetulan ada atau tersedia. Hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kedungkandang Kota Malang menunjukkan bahwa kategori tingkat kepuasan terbesar yaitu pada dimensi empati 68,66%, dimensi kehandalan 67,66%, dimensi penampilan 67,32%, dimensi jaminan 64,66% dan terakhir yaitu dimensi ketanggapan 63,66%. Hasil data dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kedungkandang Kota Malang berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan adalah puas dengan persentase sebanyak 66,39%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas
Subjects: B FARMASI > BG Ilmu Farmasi
Divisions: D3 FARMASI
Depositing User: Sugeng Setiawan
Date Deposited: 11 May 2022 03:38
Last Modified: 11 May 2022 03:38
URI: http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item View Item