TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT

Lereng, Marselina (2021) TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang.

[img] Text
REVISI MARSELINA JURNAL - SERAVINA LADY SERAVINA LADY.pdf

Download (334kB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah salah satu hal yang harus diprioritaskan oleh petugas farmasi dalam menjalankan fungsinya sebagai salah satu sarana pelayanan kefarmasian. konsumen terhadap mutu pelayanan yang akan diterima konsumen, untuk mengetahui kebutuhan serta harapan konsumen terhadap pelayanan, meningkatkan mutu pelayanan, merangkai susunan kerja untuk menyempurnakan kualitas pelayanan dimasa mendatang bagi pelayanan kefarmasian. Faktor utama kepuasan konsumen yaitu kualitas produk dan pelayanan. Tujuan mereview jurnal-jurnal untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan kefarmasian. Metode menggunakan study report yaitu menganalisis dan melaporkan kembali hasil penelitian dimulai dengan melakukan pencarian data publikasi penelitian. Terdapat beberpa dimensi yang dapat digunakan untuk melihat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas kefarmasian yaitu daya tanggap (responsiveness), kehandalan (reliability), empati (emphaty), jaminan (assurance), bukti fisik (tangibles). Dimana hasil penelitian yang di lakukan Rahmawati Raising & Susanti Erikania hasil penelitian yang didapat dari 200 orang konsumen dikategorikan puas dimana terdapatkan persentasi sebesar 61% - 80%. Penelitian yang dilakukan Fitria Megawati bahawa tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan kefarmasian Di Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung Tahun 2016 termasuk dalam kategori kurang puas dimana persentasi yang di peroleh sebesar 2,50%. Dari hasil ulasan kedua jurnal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan tingkat kepuasan konsumen dimana terdapat satu jurnal dinyatakan puas dan yang satunya dinyatakan kuarang puas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat kepuasan, konsumen, pelayanan farmasi
Subjects: B FARMASI > BH Rumah Sakit dan Farmasi Klinik
Divisions: D3 FARMASI
Depositing User: Sugeng Setiawan
Date Deposited: 10 May 2022 07:51
Last Modified: 10 May 2022 07:51
URI: http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item View Item