TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI KAMAR OBAT PUSKESMAS CIPTOMULYO KOTA MALANG

Danggar, Dionisius and Pratama, Jainuri Erik (2017) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI KAMAR OBAT PUSKESMAS CIPTOMULYO KOTA MALANG. Diploma thesis, Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang.

[img] Text
14007_Aldy Abdul Sharif_ Artikel Ilmiah_Pengaruh Variasi konsentrasi starter bakteri acetobacter .pdf

Download (374kB)

Abstract

Salah satu tantangan dalam pelayanan kesehatan di puskesmas adalah terpenuhinya harapan masyarakat akan mutu kualitas pelayanan farmasi. Puskesmas selaku penyedia jasa dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk mencapai kepuasan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas Ciptomulyo kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 45 responden dengan kriteria pasien rawat jalan, umur 15 sampai 61 tahun yang dilakukan pada bulan Februari – Maret 2017. Pemilihan sampel dengan metode purposive sample. Data diperoleh dengan penyebaran kuisioner yang pertanyaannya mencakup 4 variabel yaitu : variabel penyerahan obat responden menjawab sangat baik dengan persentase sangat baik 33,35%, baik 46,66% dan cukup baik 17,77%. Variabel pelayanan informasi obat (PIO) responden menjawab sangat baik dengan persentase 27,77%, baik 54,44%, dan cukup baik 17,77%. Variabel konseling responden menjawab sangat baik dengan ratrata persentase sangat baik 35,55%, baik 46,66%, dan cukup baik 17,77% sedangkan variabel pemantauan terapi obat (PTO) responden menjawab sangat baik dengan persentase sangat baik 28,32%, baik 50% dan cukup baik 21,11%. Pengolahan dan analisis data dengan analisa deskriptif, dimana data yang disajikan dalam bentuk lembar kuisioner serta uji validitas dan reliabilitas. Kinerja kamar obat Puskesmas Ciptomulyo sebagian besar telah sesuai dengan harapan pasien, pasien merasa puas terhadap penyerahan obat, pelayanan informasi obat (PIO), konseling dan pemantauan terapi obat (PTO). Kata Kunci : Tingkat kepuasan, Kualitas Pelayanan Kefarmasian (Penyerahan Obat, Pelayanan Informasi Obat (PIO), Konseling dan Pemantauan Terapi Obat), Apotek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A ILMU KEDOKTERAN > AP Aspek Kedokteran Umum
Divisions: D3 FARMASI
Depositing User: Sugeng Setiawan
Date Deposited: 24 Jul 2019 05:13
Last Modified: 19 Aug 2019 08:23
URI: http://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item